Manfaat Buah dan Daun Sirsak

Manfaat Buah dan Daun Sirsak - Pasti kita semua tahu akan buah Sirsak, namun sebagian besar dari kita tidak mengetahui akan manfaat dan kegunaanya. Buah Sirsak adalah salah satu buah yang kaya manfaat di samping sebagai buah untuk makanan penutup dan juga untuk minum jus, buah ini dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang dapat dikatakan berbahaya.


Sekedar informasi, buah Sirsak (Annona muricata L.) atau bisa juga disebut nangka belanda, durian belanda dll ini adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara pada abad ke-19. Kata sirsak berasal dari bahasa Belanda, zuurzak. Zuur berarti asam, dan zak berarti kantong. Jadi, secara harfiah zuurzak dapat diartikan sebagai kantong yang rasanya asam.

Manfaat buah dan daun Sirsak diperoleh setelah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dan pakar dari berbagai negara. Ternyata selain buah, daun buah Sirsak juga dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Contohnya adalah sbb (namun tetap disarankan untuk konsultasi dengan dokter) :
1. Pengobatan Kanker.
Ambil 10 lembar daun Sirsak yang tua direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum 2 kali per hari selama 2 minggu. Daun sirsak ini katanya sifatnya seperti kemoterapi, bahkan kabarnya lebih hebat lagi karena daun sirsak hanya membunuh sel sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel sel yang tumbuh normal. 
2. Sakit Pinggang.
20 lembar daun Sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas. 
3. Bayi Mencret.
Buah Sirsak yang sudah masak diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan. 
4. Ambeien.
Buah Sirsak yang sudah masak diperas untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore. 
5. Bisul.
Daun sirsak yang masih muda secukupnya, tempelkan di tempat yang terkena bisul. 
6. Sering buang air kecil.
Buah Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Buah Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring kemudian diminum. 
7. Sakit Kandung Air Seni.
Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut. 
8. Penyakit Liver.
Puasa makanan lain, hanya minum juice sirsak selama 1 minggu 
9. Eksim dan Rematik.
Tumbuk daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian yang sakit 
10. Asam urat
Dianjurkan sebaiknya untuk minum jus sirsak 2 gelas sehari.
Selain khasiat tersebut diatas ada beberapa hal yang patut diketahui tentang buah ini, yaitu :
1. Buah Sirsak memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi. Sangat baik untuk membentuk tulang yang kuat dan untuk mencegah osteoporosis.

2. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat penuaan. Konsumsilah buah sirsak setiap hari,di dalam sirsak terdapat 13 % kebutuhan serat pangan yang dibutuhkan tubuh, ini karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

3. Kandungan fruktosanya bisa membuat anda tetap segar, dan bisa mengalirkan energy. Ini karena fruktosa adalah gula sederhana (monosakarida) yang banyak terdapat dalam buah. Ini bisa jadi sumber karbohidrat alami yang baik untuk tubuh.
Demikian sedikit informasi mengenai khasiat dan manfaat buah dan daun Sirsak, semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...